Cara Blokir Situs Dan Pengunduhan Pada PC Yang Mudah Tanpa Aplikasi

Internet bagai 2 sisi mata uang yang tidak dapat di pisahkan. Di satu sisi ia merupakan surga bagi peselencar di dunia maya yang merupakan pintu terbuka bagi banyak ragam informasi di dunia ini. Namun di lain sisi, ia merupakan silet yang bisa meracuni pikiran bagi siapapun yang menikmatinya. Olehnya itu, di sini di perlukan kejelian bagi setiap pengguna untuk bisa memfilter konten-konten apa saja yang dapat terbuka agar memberikan dampak posistif bagi penggunannya. Melihat hal itu, saya akan memberikan tutorial cara blokir situs dan pengunduhan di internet. Apakah kita menggunakan komputer yang berbasis windows maupun kita menggunakan perangkat Android.

Jadi di sini, bagi anda yang mencari informasi mengenai cara blokir situs atau membatasi akses terhadap konten yang tidak di kehendaki seperti konten yang melanggar norma kesusilaan. Hendaknya memperhatikan artikel ini. Karena di sini kami akan memberikan panduannya dari berbagai cara. Ini di sesuaiakn dengan perangkat yang anda gunakan.

Dan dari beberapa cara ini, anda dapat memilih mana yang paling mudah dan gampang untuk anda terapkan. Jadi tetap baca artikel ini, dan sampaikan di kolom komentar jika artikel ini bermanfaat.

Blokir Situs Di Windows 10 Komputer / PC Dengan Modifikasi File Host

Ini saya gunakan windows 10, tetapi anda juga bisa menyesuaikan panduan ini untuk windows 7, 8, atau lainnya. Terlepas dari browser apa yang anda gunakan. Apakan Google Chrome, Mozilla Firefox. Anda bisa melakukan modifikasi File Host dengan merubah DNS dan URL IP agar teralihakn ke halaman yang berbeda.

Cara melakukannya sebagai berikut :

1. Klik menu Start dan pilih menu “Windows Accessories”

2. Lalu pilih program Notepad, klik kanan lalu pilih More kemudian Run a administrator

cara blokir pengunduhan

3. Saat notepad terbuka pilih File kemudian pilih Open

cara blokir situs

4. Kemudian buka Lokasi “C:\Windows\System32\Drivers\etc”.

5. Kemudian pilih file Host, apabila tidak muncul jangan lupa pilih filter All Files

cara blokir situs dan pengunduhan

6. Kemduian nanti akan terbuka file Hostnya, di sini kita perlu menarik ke bagian bawah. Berikan space dari baris terakhir. Kemudian pastekan alamat URL yang hendakn anda blokir dari perangkat PC tersebut.

cara blokir situs di komputer

7. Pilih menu File kemudian Save.

cara blokir situs tanpa aplikasi

Untuk mencoba dan mengetahu apakah ini telah berhasil, silahkan restart kembali perangkat anda dan buka situs yang anda blokir tadi. Bagaimana apakah berhasil ?

Blokir Situs Dan Pengunduhan Menggunakan Windows Defender Firewall

Setidaknya setiap windows memiliki Defender Firewall. Ini dapat anda manfaatkan untuk memblokir atau agar situs atau domain yang mengandung konten ju*i dapat anda tutup. Ini sagat baik apabila kita ingin agar orang di rumah, yang mengggunakan perangkat tersebut tidak leluasa mengakses situs yang berbahaya yang mungkin mengandung virus.

Selain itu, Windows Defender Firewall ini juga dapat menjaga perangkat dari upaya hacking akibat penggunaan wifi publik seperti di warkop, kafe atau di wifi kantor.

Cara melakukannya :

1. Klik Start lalu Control Panel, kemudian pilih Windows Defender Firewall lalu Advanced Settings

2. Klik kanan pada Outbound Rules pada deretan menu sebelah kiri lalu tambah New Rules

3. Nantinya akan muncul Jendela baru, pilih Custom lalu Next

4. Pada jendela berikutnya pilih All Programs lalu Next lagi.

5. Pilih opsi yang ingin anda terapkan pada proses pemblokiran ini : These IP addresses dan di bagian bawah  “Which remote IP addresses does this rule apply to?” Jangan lupa klik Next.

6. Klik Add dan masukkan alamat IP yang ingin anda blokir, kemudian Next

7. Kemudian pada jendela selanjutnya pilih Block the Connection lalu pilih Next,

8. Kemudian pilih aturan, apakah ingin memberlakukan pada semua domain dalam IP, Private atau Public. Anda juga bisa memilih lebih dari satu atau semuanya. Klik Next,

9. Pada halaman / jendela berikutnya kita di minta untuk memasukkan nama dan deskripsi atas yang rule yang di buat ini. Anda bisa menambahkan misalnya, Blocking dan deskripsi sembarang. Klik Finish.

blokir situs dan pengunduhan

Dengan ini, situs yang masuk dalam alamat IP yang anda inputkan tidak dapat di akses menggunakan berowser apapun. Opera, Chrome, Firefox.

Cara Menemukan Alamat IP Situs Dan Pengunduhan Yang Ingin Di Blokir

Salah satu yang mungkin atau banyak orang tanyakan ketika mengikuti panduan ini adalah bagaimana cara emnemukan alamat IP sebuah situs yang ingin di blokir ? agar blokir berjalan tepat. Tentunya kita harus mengetahui alamat IP situs pengunduhan atau website yang akan di blok.

Anda bisa melakukan ini dengan mengikuti panduan ini :

1. Buka Command Prompt dengan mengetikkan CMD pada kolom pencarian program windows,

cara blokir situs dan pengunduhan

2. Masukkan dan tekan Enter .nslookup www.facebook.com

cara blokir situs dan pengunduhan

3. Setelah itu, Jendela baru akan terbuka dan akan menampilkan alamat IP yang di maksud. Misalnya dalam hal ini menampilkan 2 alamat IP. jadi silahkan copy kedua alamat IP tersebut, dan pastekan tadi di kolom yang ingin di blokir.

cara blokir situs dan pengunduhan

Demikianlah yang sempat kami bagikan terkait cara blokir situs dan pengunduhan tanpa aplikasi yang bisa anda terapkan di komputer atau PC. Sedangkan untuk blokir situs di perangkat Android atau seluler bisa lihat artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *