Cara Cek Saldo Flazz BCA di HP Tanpa NFC, Ini Solusinya !

Cara cek saldo Flazz BCA di HP tanpa NFC – Flazz merupakan kartu yang di keluarkan oleh bank BCA dalam rangka untuk memudahkan setiap nasabah dalam melakukan transaksi di era digital. Kartu ini memiliki masa berlaku 10 tahun sejak tanggal produksi yang tercantum pada kartu. Bukan saja dari BCA, bank-bank lain juga sudah memanfaatkan momentum dunia digital ini dengan meluncurkan produk yang serupa, seperti e toll dari bank Mandiri.

Dalam rangka untuk melakukan transaki tanpa menggunakan uang tunai, cukup menggunakan kartu. Maka kartu Flazz BCA tersebut harus memiliki saldo. Jika tidak maka tentu kita tidak bisa melakukan pembayaran toll, pembelian makanan minuman dan lainnya.

Saldo kartu Flazz BCA ini, bisa di ketahui saldo yang ada di dalamnya dengan cara menempelkan kartu Flazz di belakang HP. Namun dengan syarat, HP yang di gunakan mendukung NFC.

Apa itu NFC ?

NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication yang merupakan salah satu fitur yang digunakan untuk transaksi di era digital.

Atau bisa juga diartikan sebagai komunikasi medan dekat. Fitur NFC membutuhkan dua perangkat yang masing-masing kompatibel, satu bertindak sebagai transmitter (pasif)dan satu sebagai penangkap sinyal (aktif).

Dalam hal ini, kartu Flazz BCA bertindak sebagai Transmitter atau pasif. Sedangkan smartphone atau HP merupakan penangkap sinyal.

Cara kerjanya mirip dengan WIFI atau Bluetooth yang bisa menghubungkan 2 perangkat. Namun pada NFC, teknologi yang digunakan adalah Radio-frequency identification (RFID)yang berguna untuk mengirim informasi atau mengirim data.

Cara Cek Saldo Flazz BCA di HP Android Tanpa NFC

Kembali ke topik, untuk melakukan cek saldo kartu Flazz di HP tanpa NFC. Untuk jaga-jaga jangan sampai saldo yang tersisa sudah tidak cukup di gunakan nantinya. Seperti ketika kita akan melakukan perjalanan melewati toll, bayar makanan dan lainnya. Maka mengetahui saldo adalah langkah yang perlu di lakukan agar kita tidak kewalahan nantinya, jangan sampai sesuatu terjadi di luar dugaan.

1. Melalui Gerai atau Minimarket

Cek saldo Flazz bisa di lakukan di minimarket seperti Alfamart atau Indomart. Tinggal kunjungi saja minimarket tersebut yang sudah tersebar dan bukan tempat yang sulit untuk di jangkau.

Sampaikan ke kasir untuk melakukan cek saldo dengan menyerahkan kartu Flazz kepadanya. Ia akan menyerahkan mesin EDC BCA. Tinggal tempelkan saja pada mesin tersebut maka saldo BCA akan segera tampil.

Di sini, kita juga dapat sekalian melakukan top up saldo. Bila di lihat saldo tidak cukup. Namun perlu di ketahui ada biaya top up yang akan di kenakan setiap transaksi. Berkisar Rp. 1.000-Rp. 2.000.

2. Melalui ATM BCA

Cara cek saldo Flazz di ATM BCA, mudah. Kita hanya perlu memasukkan karu pada slot kartu mesin ATM. Setelah itu, nominal saldo akan muncul.

Di sini juga bisa sekalian top up kartu Flazz jika saldo kurang dan lainnya.

3. Tempat Penyedia Pembayaran e-money

Selain itu, saldo ini bisa di ketahui melalu tempat pembayarn e money yang menerima kartu Flazz. Seperti pembayarn Toll. Ketika kita menggunakan kartu Flazz pada loket toll, maka akan muncul saldo yang terdapat pada kartu.

Itulah 3 alternatif yang di sajikan artikel ini sebagai solusi bagi siapa saja pengguna yang mau mencari tahu cara cek saldo Flazz BCA di HP tanpa NFC. Yakni melalui ATM BCA, Minimarket serta pada loket toll dan tempat layanan yang menerima pembayaran e money.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *