Google Foto Backup : Cara Mencadangkan Foto di Google Foto

Cara mencadangkan Foto di Google Foto – Foto dan video merupakan sebuah file yang tentu tidak dapat di pisahkan dari keberadaan smartphone saat ini. Bahkan mereka yang tidak hobbi selfie pun, mau tidak mau akan mengambil gambar atau video menggunakan smartphone yang di milikinya. Pasalnya saat ini smartphone sudah memiliki kamera yang demikian canggih untuk mengambil gambar atau foto. Sehingga hasilnya sangat memuaskan.

Foto yang bagus – bagus tersebut tentu sayang untuk di hapus, tidak di hapus tentu akan bertumpuk di penyimpanan memori ponsel. Olehnya itu, di sinilah mencadangkan foto sangat berfungsi.

Fungsi Google Foto

Pada versi Android keluaran terbaru saat ini, sudah menyediakan menu Google Foto, ini sudah menjadi aplikasi bawaan Android. Namun bukan berarti, pemilik ponsel iphone tidak bisa menggunakan iCloud Google Foto.

Nanti pada bagian akhir, akan di sebutkan juga cara mencadangkan foto di google foto IOS.
Namun sebelum lanjut, kesana. Perlu di ketahui beberapa fungsi Google foto yang sayang untuk tidak di ketahui.

  • Bisa menyelamatkan foto saat mengganti perangkat smartphone,
  • Menyelamatkan foto ketika ponsel hilang atau rusak,
  • Tidak perlu melakukan transfer foto satu demi satu yang memakan waktu lama,
  • Bisa mengosongkan ruang memori,
  • Bisa melakukan backup otomatis,
  • Dapat di bagikan ke akun lain atau di simpan kembali ke perangkat,
  • Tentunya bisa di akses kapan saja di inginkan.

Cara mencadangkan Foto di Google Foto

Hal ini sangat sederhana dan mudah. Tetapi, jika anda baru saja ingin menggunakannya. Wajar juga kalau anda butuh petunjuk terlebih dahulu.

Pada prinsipnya mencadangkan foto di Google foto, langkah teknisnya tentunya bervariasi sesuai dengan spesifikasi perangkat dan OS yang anda punya. Tetapi pada intinya sama saja.

Anda dapat menyinkronkan aplikasi di semua perangkat dan bahkan menggunakannya untuk menghapus semua gambar dari perangkat setelah pencadangan selesai.

Mencadangkan Foto di Google foto untuk Android

Seperti di sebutkan di awala, bahwa sebagaian Android terbaru saat ini, sudah menjadikana Google Foto sebagai aplikasi bawaan. Seperti yang ada pada Android VIVO.

Jadi untuk mencadangkan foto tidak perlu menginstall aplikasi Google foto tersebut. Tetapi bagi yang belum punya, kalian bisa download aplikasi terlebih dahulu melalui Google Play Store.

cara mencadangkan foto di google foto

Setelah diinstal, Foto Google akan meminta izin untuk mencadangkan berbagai folder Anda secara online. Pilih folder mana yang Anda inginkan untuk mengaksesnya di ponsel Anda, lalu secara aplikasi akan mencadangkan secara otomatis. (Namun, itu tidak menghapus foto yang di cadangkan).

Bila anda ingin, agar foto yang sudah masuk di pencadangan di hapus pula pada perangkat. Anda bisa pilih pada Profile lalu pilih menu Kosongkan Penyimpanan. Ini akan memberi ruang penyimpanan. Tanpa perlu kehilangan foto.

Bila anda ingin menghentikan proses pencadangan, agar tidak mencadangkan otomatis. Silahkan pilih Setelan > Pencadangan & sinkronisasi > Lalu nonaktifkan dengan menggeser saklar.

Cara Mengetahui foto sudah masuk ke Google foto atau belum

Sebelum menghapus foto atau video pada perangkat, terlebih dahulu pastikan bahwa apakah proses pencadangan telah berhasil. Karena, Google foto bisa saja menampilan gambar di sana namun itu belum menyimpan gambar sepenuhnya melalui server google.

Jadi pastikan terlebih dahulu apakah foto sudah berhasil di backup sepenuhnya.

  • Buka aplikasi Google Foto
  • Pilih icon profile di sudut kanan atas,
  • kemudian perhatikan menu ini,
mencadangkan foto di google foto
  • Gambar sebelah kiri, masih ada 1 foto yang belum di cadangkan. Sedangkan yang kanan, proses pencadangan sudah selesai.

Pengaturan Google Foto Yang Perlu Anda ketahui

Nah, sampai pada tahap di atas. Kita sudah mengetahui cara mencadangkan foto di Google foto khusus Android.

Dan yang tak kalah penting lagi pengaturan pada aplikasi ini. Beberapa fitur, mungkin perlu di ketahui agar kita bisa memaksimalkan Google foto ini untuk mencadangkan foto dengan baik sesuai kebutuhan.

  • Namun yang paling penting adalah 2 menu bagian atas. Yakni : Pencadangan & sinkronisasi dan kosongkan ruang penyimpanan perangkat.
setelan google foto
  • Pada menu Pencadangan & Sinkronisasi kita bisa memilih ukuran upload, Penggunaan data seluler serta cadangkan folder perangkat,
  • Ukuran Upload : Kita bisa memilih kualiats gambar foto apakah sesuai dengan aslinya atau memilih metode kompres yakni bisa menghemat penyimpanan tetapi dengan kualitas gambar sedikit lebih rendah.
  • Penggunaan Data Seluler, bila kita tidak ingin mencadangkan foto atau video menggunakan data seluler, kita perlu memilih Tidak ada. Namun kalau kita memilih ini, kita bisa ukuran pencadangan per hari 5, 10, 30 MB atau tidak terbatas dalam satu hari.
  • Cadangkan Folder Perangkat, di sini secara otomatis Google Foto akan membuat folder sesuai dengan folder dari perangkat. Jadi di sini, tinggal di aktifkan saja folder tersebut.

Cadangkan Foto Dari IOS

Meski IOS memiliki icloudnya sendiri. Tetapi mungkin anda ingin menggunakan Google Foto, maka ini bisa anda lakukan dengan mudah. Atau mungkin anda memiliki perangkat lain dari Android. Maka ini adalah cara termudah untuk berbagi file melalui Google foto tanpa perlu repot mentransfer file.

Sama seperti Android. Kalian juga perlu menginstall aplikasi Google Foto terlebih dahulu melalui appstore.

Saat proses pemasangan aplikasi akan meminta izin, untuk mengakses foto yang ingin di cadangkan dari perangkat. Beri izin,

Proses pencadangan foto yang berlangsung bisa di lihat pada menu profile yang berbentuk cincin.

Jika Anda ingin menonaktifkan sinkronisasi otomatis, buka aplikasi dan pilih profile “Menu > Setelan > Pencadangan dan sinkronisasi”, yang dapat Anda ketuk untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.

Backup Foto Melalui PC

Selain melalui perangkat, anda juga bisa melakukan pencadangan melalui PC atau komputer. Bila foto yang anda miliki tersimpan pada perangkat PC kalian bisa langsung upload dengan cara,

  • Buka halaman https://photos.google.com,
  • Silahkan login dengan akun google yang akan di gunakan untuk mencadangkan,
  • Pilih gambar / foto dari perangkat yang akan di cadangkan dengan cara pilih tombol Upload yang ada di bagian atas,

FAQ

Bisakah saya memindahkan foto saya dari satu akun ke akun Google lain ?

Yah ini bisa anda lakukan dengan mudah. Atau bahkan bukan akun anda sendiri bisa anda bagikan. Untuk selengkapnya, kalian bisa melihat cara memindahkan foto Google ke akun lain.

Bagaimana cara mengambil gambar saya dari Google Foto?

Manfaat lain dari pencadangan foto ke Google foto adalah kita bisa ambil dan gunakan kapan saja. Dengan cara, buka aplikasi, pilih atau cari gambar yang ingin di ambil, klik icon bagikan untuk mengambil gambar atau membagikan gambar tersebut.

Apakah Google Foto membutuhkan biaya?

Untuk saat ini, bagi setiap pemilik akun Google di berikan space penyimpanan gratis sebesar 15GB. Lebih dari pada itu, kita akan di kenakan biaya sebesar $1,99/bln untuk upgrade penyimpanan 100 GB, $2.99 / bulan untuk 200 GB, dan $ 9.99/bln untuk penyimpanan 1 TB.

Lihat juga :

Demikianlah ulasan yang dapat penulis bagikan terkait Google foto backup atau cara mencadangkan foto di Google Foto baik untuk pengguna Android maupun IOS. Begiutupun dengan setelan aplikasi yang perlu di ketahui. Lihat juga cara mencadangkan foto dan video ke google drive.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.