Cara Mengatasi Transfer Berhasil Tapi Uang Tidak Masuk

Advertisement

Pernahkah Anda mengirimkan sejumlah uang di ATM namun ternyata uang tersebut tidak sampai kepada si penerima? Cara mengatasi transfer berhasil tapi uang tidak masuk ini sebenarnya cukup mudah. Namun seringkali orang merasa kalap saat hal ini terjadi. Apalagi jika jumlah uang yang ditransferkan nominalnya besar.

Jangan panik, karena sebetulnya setiap transaksi perbankan direkam dengan sempurna oleh sistem. Dana yang masuk ataupun keluar akan ada rekam jejaknya secara jelas. Ada beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk mengatasi hal ini. Hal yang Anda perlukan hanyalah informasi yang akurat dari hal tersebut. Tidak sulit, tapi mungkin butuh waktu untuk mengeceknya.

Sejauh ini ada beberapa cara yang paling pas untuk mengatasi kondisi seperti ini. Sudah tentu Anda harus sabar saat melakukannya. Jauhkan gelisah karena struk pengiriman yang Anda miliki juga bisa menjadi bukti kalau Anda ingin mengajuan komplain ke pihak bank. Lantas apa saja cara cara yang bisa dilakukan tersebut? Simak penjelasannya di bawah.

Cara Mengatasi Transfer Berhasil Tapi Uang Tidak Masuk

Cara Mengatasi Transfer Berhasil Tapi Uang Tidak Masuk

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan. Namun pertama, Anda harus mengingat melalui cara apa Anda mengirimkan uang tersebut. Biasanya hal ini terjadi jika Anda melakukan pengiriman dana melalui M-Banking. Kondisi uang tak sampai ini jarang terjadi apabila pengiriman dilakukan melalui ATM secara langsung.

Pertama Anda bisa melihat mutasi transfer secara langsung. Baik melalui ATM ataupun melalui M-Banking di smartphone Anda. Sort transaksi ke tanggal Anda melakukan pengiriman dana. Kemudian lihatlah apakah transaksi ada pada list atau tidak. Biasanya transaksi dana yang gagal ditransfer tidak akan masuk pada list ini.

Lihat juga : Cara menerima uang transfer dari luar negeri

Cara mengatasi transfer berhasil tapi uang tidak masuk selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan saldo. Jika transaksi berhasil, saldo Anda tentunya akan berkurang. Namun seringkali saldo tidak berkurang meski transaksi transfer yang Anda lakukan dinotifikasi sukses. Apabila hal ini terjadi berarti tak ada yang perlu Anda khawatirkan. Cukup lakukan transferkan ulang dana tersebut sesuai prosedur yang benar.

Bagaimana Jika Saldo Rekening Anda Berkurang Namun Dana Tetap Tidak Sampai?

Kondisi selanjutnya adalah transaksi berhasil, saldo Anda berkuang, namun dana tetap tidak sampai. Jika hal ini terjadi, sudah tentu ini merupakan kondisi lain. Anda tidak boleh menyelesaikannya sendiri. Pihak bank harus segera dilibatkan karena berarti ada sistem yang error. Apakah dari bank pengirim ataupun dari bank penerima.

Lihat juga : Cara transfer uang lewat Indomaret ke rekening BRI

Segera konsultasikan hal ini pada customer service pada Bank tempat Anda menyimpan dana. Mereka akan melakukan pengecekan secara detail terkait hal ini. Tentu saja pengecekan dilakukan secara tersistem dan tidak mungkin ada transaksi yang terlewatkan. Sebagai bukti akurat, Anda juga bisa meminta rekening koran dan print out buku tabungan Anda.

Namun yang pasti, Anda harus tetap tenang. Jangan terlalu panik menghadapi momen ini. Seringkali kondisi seperti ini memicu emosi dan psengketa, padahal semuanya bisa dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku. Pastikan untuk menyimpan bukti transaksi karena hal tersebut akan sangat dibutuhkan. Ikuti langkah di atas, semoga cara mengatasi transfer berhasil tapi uang tidak masuk ini dapat membantu.

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.