Cara Mengedit Video dan Mengatur Rekaman

Pengeditan video adalah bagian penting dalam membuat video profesional berkualitas tinggi akhir-akhir ini. Proses membuat rekaman mentah yang membosankan menjadi hidup dengan bantuan efek, animasi, dan musik membutuhkan banyak penyempurnaan. Inilah yang membuat banyak calon pembuat konten meninggalkan bisnis ini. Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa mengedit video memakan waktu dan monoton.

Berikut adalah langkah-langkah cara mengedit video dan mengatur rekaman yang akan membuat Anda percaya sebaliknya:

Rencanakan ke Depan

Sebelum Anda mendekati editor, Anda harus memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai melalui pengeditan. Tujuan dari penyuntingan video adalah agar terlihat seperti video yang menceritakan sebuah kisah, tetapi bagaimana Anda bisa menceritakannya jika Anda tidak mengetahui plotnya? Anda harus mencatat hal-hal penting untuk jenis video yang ingin Anda buat selama perencanaan Anda.

Pilih Alat

Sekarang setelah Anda mengetahui jenis video yang ingin Anda buat, Anda harus memutuskan alat mana yang ingin Anda gunakan untuk mencapainya. Ada banyak sekali editor video untuk dipilih, dan pencarian yang tepat untuk Anda dapat membingungkan Anda. Pertimbangkan hal-hal seperti fitur program, kebutuhan Anda dari alat, harga alat, dan kompatibilitas alat dengan sistem operasi Anda. Untungnya, ada sejumlah alat yang mampu untuk buat video online di  bebas biaya untuk orang yang tidak editor profesional namun namun antusias tentang topik dan mencoba untuk belajar.

Impor Rekaman

Untuk memulai pengeditan video, Anda membutuhkan banyak rekaman. Untuk mendapatkan rekaman ini, Anda terutama harus mengimpornya dari perangkat rekaman Anda ke perangkat pengeditan Anda, di mana Anda dapat menggunakan Bluetooth, AirDrop, atau beberapa bentuk transfer USB untuk hasil yang cepat. Periksa apakah rekaman yang Anda impor dalam format yang didukung untuk alat Anda.

Atur Rekaman Anda

Pengorganisasian adalah bagian penting dari pengeditan video karena editor biasanya bekerja dengan banyak klip (diedit dan tidak diedit) sekaligus. Jika Anda tidak mengaturnya dengan rapi dan mudah dipahami, Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk mencari klip yang Anda butuhkan. Pastikan untuk membuat folder terpisah. Membuat folder bisa memakan waktu, tetapi Anda akan menghemat lebih banyak waktu di masa mendatang saat Anda membutuhkan klip itu. Anda harus membuat folder untuk setiap proyek yang Anda kerjakan secara terpisah. Di dalam folder, Anda harus membuat beberapa folder lain, memisahkan rekaman Anda berdasarkan hari perekaman atau pengunduhan. Di dalam folder ini, Anda dapat membagi klip Anda lebih lanjut berdasarkan jumlah kamera yang digunakan selama pemotretan untuk pemisahan A-Roll dan B-Roll yang lebih mudah. Simpan klip yang diedit dan yang tidak diedit di folder terpisah untuk menghindari kebingungan di masa mendatang.

Pangkas Dan Sambungkan Rekaman

Anda Setelah Anda menyelesaikan pengorganisasian, Anda harus memulai bagian yang paling kreatif: Memangkas dan menyambung. Pertama, Anda perlu menggunakan pemangkas video fitureditor Anda untuk menyingkirkan semua rekaman tambahan yang tidak akan masuk ke produk jadi. Anda dapat dengan mudah menarik dan melepas klip ke garis waktu editor Anda di sebagian besar alat pengeditan modern. Itu membuat pengeditan menjadi sangat sederhana karena Anda telah menyimpan file Anda secara terorganisir. Untuk memotong klip Anda, Anda akan menggunakan tindakan “Tandai” dan “Tandai”, yang tersedia di sebagian besar alat pengeditan modern.

Tambahkan Transisi Dan Efek

Setelah Anda selesai menggunakan videedito, Anda mungkin menyadari bahwa klip Anda terlihat menggelegar setelah dipotong karena tiba-tiba berubah. Gunakan transisi seperti fade dalam kasus seperti itu, membuat perubahan pada klip terlihat mulus. Anda juga dapat menemukan klip dengan penempatan kamera serupa untuk membuat transisi terlihat lebih menarik dan mulus. Jika Anda ingin mendapatkan hasil berkualitas tinggi, Anda harus mempertimbangkan editor premium karena editor profesional memiliki lebih banyak opsi yang ditawarkan dalam hal ini.

Mencapai Konsistensi Sepanjang Video 

Menggunakan beberapa kamera dan penempatan mikrofon selama fase perekaman adalah langkah yang sangat penting bagi Anda. Pada langkah ini, Anda harus menyesuaikan warna dan suara dari klip yang berbeda untuk mencapai tingkat yang seragam diseluruh video, karena kamera dan mikrofon yang berbeda dapat menyebabkan berbagai saturasi warna dan tingkat audio dalam klip Anda, yang dapat membuat penonton terkejut.

Tambahkan Musik Dan Teks

Saat memilih lagu untuk ditambahkan ke video Anda, pikirkan tentang tujuan lagu tersebut. Ini dapat diputar di atas cuplikan dalam kasus video musik, atau dapat diputar di latar belakang untuk mengarahkan fokus ke subjek video dan meningkatkan dialog dan narasinya. Anda juga dapat menambahkan teks judul dan subjudul ke video Anda untuk lebih melibatkan pemirsa.

Simpan Pekerjaan Anda

Sebagai editor video, Anda harus terus menyimpan pekerjaan Anda dari waktu ke waktu karena kehilangan data adalah mimpi buruk berulang yang mengganggu editor video dalam skenario modern. Menggunakan aturan 3-2-1 dapat membantu dalam hal ini yang menyatakan bahwa Anda harus memiliki tiga salinan file Anda pada dua jenis media yang berbeda. Salah satu salinan tersebut harus secara fisik jauh dari yang lain untuk melindungi file Anda dari segala macam bencana yang mungkin menimpa mereka.

Ekspor Video yang Sudah Selesai

Sekarang setelah Anda menyelesaikan karya agung Anda, Anda harus mengekspor dan membagikannya ke seluruh dunia. Jika Anda ingin membagikan video Anda di platform media sosial, sebagian besar editor modern memungkinkan Anda mengekspor langsung ke platform utama dengan mengklik tombol. Pertimbangkan untuk mengkompres video Anda karena video dengan kualitas lebih tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk dimuat.

Kesimpulan

Pengeditan video adalah hal terbesar yang membedakan pemula dari amatir dan profesional. Mengetahui cara mengedit video agar terlihat dibuat secara profesional dan dapat mengaturnya dengan rapi adalah keterampilan penting untuk menjadi pembuat konten. Kami harap artikel ini membantu Anda menghilangkan rasa takut seputar seni pengeditan video.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *