Cara Menggunakan Aplikasi CapCut Untuk Split, Jedag-Jedug

Diposting pada

Cara Menggunakan Aplikasi CapCut Untuk Split, Jedag-Jedug dan hapus / ganti background – CapCut merupakan salah satu di antara banyak aplikasi edit photo dan video yang tersedia pada Playstore. Aplikasi ini di kembangkan oleh Bytedance Pte. Ltd dengan jumlah install sampai saat ini sudah lebih dari 50 juta pengguna. Hal ini mengindikasikan bahwa CapCut jadi aplikasi yang sangat menarik.

Sama seperti aplikasi editor sejenis, setiap photo atau video hasil editan bisa langsung kita bagikan pada platform media sosial salah satunya adalah TikTok.

Saya sendiri senang menggunakan aplikasi ini, karena mudah di gunakan. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur media sosial. Di mana kita bisa saling like, follow dan komen terhadap postingan pengguna CapCut lain. Jadi kita bisa saling berinteraksi.

Tetapi pada kesempatan ini, saya tidak akan menjelaskan semua fitur dan menu yang ada. Karena hal tersebut akan jadi sulit jika mau di paparkan hanya dalam media tulisan. Di sini hanya akan di jelaskan fitur-fitur penting dalam melakukan edit photo atau video. Seperti cara split video, beri effect, curve, overlay, choram key, transition, keyframe dan auto Caption.

Cara Split Video Pada CapCut

cara menggunakan aplikasi capcut

Split merupakan salah satu teknik editing atau fitur yang CapCut punya. Biasanya ini di gunakan ketika kita ingin memotong, menghapus bagian video, mengedit bagian tertentu dari video atau memasukkan konten lain dari video tersebut.

Cara melakukannya, yakni buka aplikasi CapCut. Klik Buat Proyek Baru, pilih video yang akan kita edit, setelah video telah masuk pada dashboar pengeditan. Biarkan berjalan dan tentukan atau pause di mana akan kita akan pasangkan split.

Hapus Background Video Dan Menggantinya Dengan Background Lain

Ini juga bisa kita lakukan pada CapCut, yang pertama pilih photo yang akan jadi background. Setelah itu, pilih menu Overlay | Tambahkan Overlay lalu pilih video yang akan di ganti backgroundnya. Lalu pilih menu Pengaturan Latar Belakang. Nantinya video akan terganti latarnya dengan photo yang sebelumnya kita pilih.

Cara Menggunakan Aplikasi CapCut Untuk Video Jedag Jedug

Cara Menggunakan Aplikasi CapCut Untuk Video Jedag Jedug

Ternyata membuat video dari foto jedag jedug di CapCut itu sangat mudah. Yang kita perlukan siapkan foto yang akan kita jedag jedukin, siapkan juga audio. Bisa kita ambil dari video yang ada pada TikTok atau audio yang ada pada CapCut. Sesuai dengan selera kita.

Setelah foto dan audio masuk pada layar pengeditan. Coba samakan atau atur durasinya. Agar sesuai dengan foto dan audio. Di sini kita bisa menggunakan teknik split lalu delete.

Kemudian pilih audio / music, lalu pada menu CapCut cari dan pilih Match Cut, nantinya akan muncul menu Add Beat,

Cara menerapkannya, silahkan play audionya dan sambil jalan klik Add beat sampai muncul tanda titik pada layer audio. Setelah selesai, klik centang pojok kanan bawah. Maka akan ada beat pada audio.

Selanjutnya, lakukan split pada photo sesuai titik pada beat. Jumlah split sesuai beat yang kita buat tadi.

Kemudian, tambahkan effect dengan cara pilih salah satu jenis yang ada. Hal ini kita lakukan untuk pembukaan jedag jedug. Sesuaikan dengan audio.

Sedangkan untuk bagian jedag kedugnya, pilih menu Animation | Combo | Distort Right. Berikan semua untuk bagian foto jedag jedug.

Demikianlah panduan singkat mengenai cara menggunakan aplikasi CapCut. Terutama untuk bagian split, hapus background dan jedag-jedug. Pengaplikasian ini akan membutuhkan penggunaan effect, dan animation. Jika kita sudah tahu bagian ini. Kita bisa mengeksplo kreatiftas kita lagi untuk membuat video lebih keren lagi.

Gambar Gravatar
Senang menulis dan tertarik dengan topik teknologi. Punya sedikit pengalaman buat game android sederhana namun tidak tidak tertarik bermain game.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.