Apa Yang Terjadi Jika Menghapus Data Layanan Google Play?

Apa yang terjadi jika menghapus data Layanan Google Play ? Ini menjadi salah satu pertanyaan orang yang ingin mengsosongkan ruang penyimpanan pada ponsel Androidnya. Karena seperti di ketahui, ketika kita cek. Layanan Google Play atau Google Play Service ini memiliki size data yang biasanya dalam satu MB atau GB. Tergantung dari jenis smartphone tersebut.

Selain itu, layanan Google Play dapat di katakan sebagai jantung dari Android. Di mana setiap layanan Api Google berpusat di sini. Aplikasi seperti Gmail, Youtube, Maps, adalah salah satu dari beberapa aplikasi Google yang menggunakan layanan Api. Misalnya Api lokasi dan Api login.

Jadi itulah, kemudian Layanan Google Play ini selalu memiliki size. Jadi, meskipun kita mengapusnya saat ini. Dalam beberapa menit kemudian ini akan memunculkan nominal size lagi.

Apa yang terjadi jika menghapus data layanan google play ?

Jika pertanyaannya kemudian apa yang terjadi jika kita menghapus Layanan Google Play Store ? apakah akan menghapus aplikasi Google ? apa menghapus data ini bisa mengosongkan ruang ? apakah menghapus data ini bisa mengoptimalkan performa smartphone dan lain sebagainya.

Untuk menjawab ini, maka saya membagi artikel ini dalam beberapa sub judul. Yang bisa menjawab pertanyaan tersebut.

1. Apakah Layanan Google Play menyimpan data ?

Layanan Google Play merupakan jantung Android. Ia tidak seperti aplikasi lain. Ia merupakan spek system Android yang berjalan di latar belakang tanpa kita sadari.

Perlu di ketahui, bahwa layanan Google play tidak menyimpan data yang tidak perlu. Kehadirannya hanyalah menyediakan dukungan API terbaru untuk aplikasi versi Android apapun yang anda miliki saat ini.

Dengan ini, pengguna Android OS lama tetap akan memiliki pengalaman yang serupa ketika menggunakan OS yang terbaru.

Misalnya, apabila kita menggunakan API Lokasi Google. Maka layanan Google Play akan memberikan layanan API terbaru untuk semua APLIKASI yang menggunakan API Lokasi. Akibatnya, jika Anda menggunakan versi Android yang lebih lama, seperti KitKat, APP juga akan memiliki akses ke API terbaru tersebut.

2. Apa yang terjadi jika menghapus Data layanan Google ?

Ketika kita menghapus data layanan Google Play. Semua file, pengaturan, akun preferensi dan basis data yang tersimpaan saat ini akan terhapus. Apa yang terjadi kemudian adalah, kita seperti akan memiliki layanan Google Play yang baru. Semua layanan yang terkait dengan Google Play akan terhapus.

Maka ketika, kita membuka Gmail, Youtube, Maps atau aplikasi lain yang terpasang di ponsel yang telah menggunakan API layanan Google Play. Seperti API Lokasi, api login. Besar kemungkinan aplikasi tersebut akan meminta izin API penggunaan lagi.

3. Apakah menghapus Data layanan dapat menghemat ruang penyimpanan ?

Seperti di singgung sebelumnya di atas. Bahwa salah satu alasan kenapa orang ingin menghapus data adalah beranggapan bahwa dengan menghapus ini bisa memberikan space penyimpanan atau meningkatkan performa.

Sekilas ini, memang tampak benar. Tetapi perlu di ketahui, dalam beberapa menit ketika space layanan Google Play menjadi 0. Ia akan naik drastis nantinya dalam beberapa menit kemudian. Ketika aplikasi lain yang terkait dengan layanan ini kita gunakan. Misalnya aplikasi Youtube atau Gmail.

Dan ia akan bekerja secara otomatis di latar belakang ketika update pembaharuan dari server Google.

Itulah yang bisa kami bagikan mengenai Layanan Google Play. Apa yang akan terjadi jika menghapus data Layanan Google Play ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *