Cara Membuat dan Upload File Ke Google Drive Orang Lain

Kali ini pspdemocenter akan berbagi cara upload file ke google drive orang lain melalui link. Karena seperti kita tahu, bahwa google drive merupakan layanan google yang memungkinkan setiap pengguna untuk menyimpan file. Baik itu file yang berbentuk rar, png, gif, txt, serta beragam format file. Sepanjang kapasitasnya tidak melebih 15 GB. Karena untuk Googel Drive versi gratis ini, hanya mengizinkan sampai di situ. Kalau mau lebih, kita bisa melakukan permintaan penambahn size cloud.

Cara upload file di google drive, mungkin tidak perlu lagi di ulas pada kesempatan ini. Karena, jika anda memiliki akun google dan pernah menggunakan aplikasi google drive. Maka setidaknya, siapapun bisa mengupload file di sana.

Google drive sendiri, bisa di akses melalui smartphone maupun perangkat desktop. Jadi ini sangat fleksibel sekali. Malah, beberapa user, tidak hanya menggunakan google drive sebagai tempat penyimpanan semata. Tetapi menggunakan google drive untuk mentransfer file, dari satu perangkat ke perangkat yang berbeda.

Sehubungan dengan itu, baru-baru ini. Penulis menemukan sebuah aplikasi atau perangkat online yang memungkinkan kita untuk mengupload ke google drive tanpa login. Atau Kita bisa upload file ke google drive milik orang lain tanpa memberikan kredensial akun googlenya. Mereka hanya memberikan link. Dan link tersebut, ketika di klik maka akan mengarahkan kita untuk dapat meng upload file.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami mencoba menjabarkan langkah-langkahnya !

>>>Video Cara Membuat Dan Upload File Ke Link Google Drive Orang Lain<<<

Cara Membuat Link Upload File Ke Google Drive Orang Lain

Agar orang lain bisa mengupload file atau folder ke Google Drive Kita, maka kita harus membuat link upload terlebih dahulu. Link ini nantinya perlu di setting agar ketika orang lain mengklik link tersebut, maka ia akan langsung di arahkan pada halaman dashboard dari Google Drive. Caranya :

  • Buka dan login pada akun Google Drivenya, bisa menggunakan laptop atau HP,
  • Setelah itu, Silahkan buat Folder Baru terlebih dahulu dengan cara klik Ikon (+). Tujuannya, agar file yang kita miliki tidak bercampur dengan file upload orang lain.
  • Setelah, buat Folder baru, maka silahkan klik 2 kali untuk membuka isi dari folder baru tersebut.
  • Kita akan melihat bahwa isi dari folder itu, masih kosong.
  • Silahkan klik ikon panah bawah untuk memunculkan menu Bagikan,
  • Pilih Bagikan nanti kita akan di arahkan pada halaman untuk menuliskan email orang lain yang di ingin untuk mengupload file,
  • Perhatikan pada bagian izin akses, pilih Bagian Editor, agar mereka memiliki akses untuk Upload, download atau bahkan menghapus file yang di folder tersebut,
  • Jangan lupa juga centang pada bagian Beri tahu. Agar mereka mendapatkan pemberitahuan melalui email,
  • Klik tombol Kirim,
  • Lalu tanyakan ke pemilik email tersebut, untuk membuka emailnya, di situ akan ada email dari kita yang berisi link untuk upload file ke google drive,

Klik isi email tersebut nantinya akan di arahkan pada halaman Google Drive,

Adapun untuk cara upload, silahkan lihat pada bagian bawah ini !

Upload File Ke Link Google Drive Milik Orang Lain

Pertama pastikan bahwa link yang di berikan orang lain untuk mengupload file adalah link yang sudah di setiing sebagai editor. Jadinya, kita bisa mengupload file ke link Google Drive tersebut.

Buka email, yang di inputkan oleh teman kita tadi pada Google Drivenya. Karena email yang di inputkan itu, otomatis akan di kirimkan pemberitahuannya ke email kita. Pada email tersebut, kita bisa mengklik link yang ada.

Setelah kita klik Link, nantinya kita akan langsung masuk ke folder atau halaman Google drive. Nah untuk upload, tingggal klik Icon plus atau ikon (+).

upload file ke Gdrive orang lain

Di sini, kita bisa pilih. Mau buat Folder baru atau tidak. Bila kita mau langsung upload File, klik saja menu Upload file itu nanti kita akan masuk pada penyimpanan internal perangkat yang di gunakan. Kalau kita gunakan HP, tinggal pilih file yang mau di upload begitupun ketika kita gunakan PC atau laptop.

Sedangkan apabila file yang di upload berbentuk folder, kita bisa pilih Upload Folder.

Bila internet lancar, dan size file tidak terlalu besar. Maka kita bisa lihat file yang di upload pada akun orang lain tersebut.

Buat Link Tanpa Perlu Login Ke Google Drive

Aplikasi online berbasis web yang di maksudkan adalah ezfiledrop. Situs ini, memungkinkan kita untuk mengintegrasikan drive cloud. Di mana nantinya, orang lain bisa upload file ke drive kita tanpa memberikan mereka username dan password login.

Ada beberapa layanan cloud yang bisa kita integrasikan dengan ini. Seperti DropBox, OneDrive, FTP, Box dan yang terakhir adalah Google Drive itu sendiri.

Untuk lebih melihat fitur lebih dari situs ini bisa langsung ke halaman ini.

Kali ini kita hanya akan fokus pada bagaimana menyiapkan situs ini dan membuat formulir dan link di mana nantinya yang mengakses link tersebut dapat upload file ke google drive.

a. Menghubungkan Akun Google Dengan Ezfiledrop

1. Pertama kita perlu join terlebih dahulu, buat akun setelah itu, kita bisa login.

2. Setelah login, langkah kedua adalah mengkoneksikan google drive dengan ezfiledrop. Caranya silahkan pilih Cloud Setting,

cara upload file ke google drive orang lain melalui link

3. Pada tab Google Drive, pilih Sign with Google

4. Silahkan pilih akun google yang akan di hubungkan, dengan cara masuk pada akun google,

5. Pilih Allow,

6. Nantinya akan muncul kode, silahkan salin kode tersebut, dengan cara klik icon salin di samping kode,

cara upload file ke google drive

7. Lalu klik kembali, Cloud Setting pada dashboard, pastekan kode itu, di kolom yang tersedia,

cara upload file ke google drive orang lain

8. Sampai di sini kita telah selesai mengkonfigurasi akun google drive dengan ezfiledrop. Dengan di tandai notifikasi successfull.

b. Membuat Link Upload Ke Google Drive

Pada dashboard, pilih Upload Form | Create New Form

Pertama kita bisa beri nama formulir unggah file ke Google Drive dan pilih apakah Anda ingin membagikan Formulir ini dengan orang lain. Secara default, nama proyek yang yang kita buat untuk formulir secara otomatis akan membuat Link URL Halaman. Kita dapat mengubah Link URL tersebut.

Setelah itu, kita bisa menambahkan logo pada formulir, membuat header halaman khusus, dan pesan selamat datang. Logo ini akan digunakan pada formulir unggahan Google Drive dan pada notifikasi email default yang dikirim ke peng-upload, pemilik formulir, dan siapa pun yang kita berikan izin untuk akses Link ini nantinya.

Scrool ke bawah kita dapat custome formulir, seperti :

  • Bidang Formulir (EZ File Drop mendukung bidang teks, menu tarik-turun, kotak centang, dan kotak radio.)
  • Memberikan batasan ukuran file
  • Jenis file
  • Dan area teks

Pada bagian Formulir memungkinkan kita untuk mengatur info apa yang kita inginkan bagi orang lain untuk meng-upload. Meliputi : nama, alamat email, dan nomor telepon, menu tarik-turun, kotak centang untuk menunjukkan bahwa mereka menyetujui kebijakan, dan informasi lain yang ingin Anda kumpulkan bersama dengan file yang mereka diunggah.

Setelah semua pembuatan formulir sudah di sesuaikan, tinggal kita Submit dan Publikasikan.

Setelah itu, tinggal kita salin Link URL formulir tersebut. Agar nanti yang membukanya bisa mengisi formulir tersebut, dan mulai upload file ke google drive milik kita. Dengan cara, kembali pada dashboard halaman awal, klik Upload File. Sebelahnya ada tambahan formulir yang kita create tadi. Klik titik tiga, lalu kita bisa salin Link, embed, atau bisa juga di duplicate atau bahkan kita bisa delete jika tidak di butuhkan lagi,

Lihat juga : Cara mengatasi tidak bisa putar video di google drive

Sampai di sini, kita telah selesai. Semoga rekan-rekan bisa mengerti tentang cara upload file ke google drive orang lain melalui link. Jika ada yang ingin di tanyakan bisa mengajukan komentar di bawah ini yah !!!

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *