Cara Mencegah Aplikasi Menggunakan Data Di Perangkat Android

Android memiliki segudang fitur yang bisa di manfaatkan sesuai kebutuhan. Salah satunya yakni, anda bisa Mencegah Aplikasi Menggunakan Data Di Perangkat Android.

Tujuannya tiada lain, yakni agar penggunaan data internet tidak boros. Karena seperti yang di ketahui, jika fitur ini tidak di maksimalkan maka sebagian aplikasi itu akan berjalan di latar belakang. Yang artinya, meskipun tidak di lihat atau di buka. Aplikasi tersebut seyogyanya tetap mengkonsumsi data seluler. Yang mana inilah kemudian yang mengkonsumsi data seluler cepat habis.

Olehnya itu, kalian bisa mengikuti apa yang ada pada artikel ini. Agar kalian bisa menghemat penggunaan data internetnya.

Cara Membatasi Penggunaan Data Pada Aplikasi Android

Membatasi penggunaan data latar belakang pada aplikasi Android ini akan mencegah penggunaan data ketika ada pembaharuan pada sebuah aplikasi. Pembaharuan aplikasi ini bisa di lakukan kemudian, ketika kita terhubung menggunakan WIFI. jadi apabila kita memiliki data seluler yang terbatas. Maka ini sangat berguna apabila kita melakukan pembatasan ini.

Cara melakukannya sebagai berikut :

  • Buka menu Pengaturan,
  • Kemudian, pilih Jaringan & Internet,
Cara Menghemat Penggunaan Data Aplikasi
  • Lalu cari menu Data Usage atau Penggunaan Data,
  • Kemudian pilih Tab Seluler dan klik titik tiga pada sudut kanan atas layar,
  • pilih “Batasi data latar belakang”.
  • Nantinya akan muncul layar konfirmasi apakah ingin membatasi data untuk latar belakang untuk semua aplikasi ? jika setuju, klik OK.

Sampai di sini, kita telah memberitahukan pada perangkat Android untuk tidak menggunakan data seluler untuk aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Lalu bagaimana kalau kita hanya ingin untuk aplikasi tertentu saja yang tidak menggunakan data di latar belakang. Jika ia, kalian bisa melihat panduannya di bagian bawah ini !

Cara Membatasi Penggunaan Data untuk Aplikasi Tertentu

Mungkin anda merasa ingin membatasi penggunaan data untuk sebuah aplikasi misalnya, aplikasi Youtuibe atau Youtube Go, karena anda merasa aplikasi inilah kemudian yang mengkonsumis data seluler yang banyak. Yang menyebabkan kuota pemakaian tidak cukup.

Bila ingin mensiasati hal ini. Kalian bisa tetap ke menu Pengaturan,

Pilih Jaringan & Internet

Kemudian cari menu Penggunaan Data,

Beralih ke tab “Seluler”. Di bagian atas halaman, Anda akan melihat jumlah data yang digunakan aplikasi Anda dari waktu ke waktu, biasanya sebulan. Juga ditampilkan daftar semua aplikasi yang telah menggunakan data Anda selama jangka waktu tersebut. Aplikasi yang paling banyak menggunakan data berada di urutan pertama dalam daftar.

cara membatasi penggunaan data di android

Gulir ke bawah dan ketuk aplikasi yang di inginkan misalnya TikTok

cara mencegah aplikasi menggunakan data di perangkat Android

Nonaktifkan Data Latar Belakang.

membatasi penggunaan data di android

Apabila telah melakukan hal di atas, maka kita telah membatasi penggunaan data latar belakang untuk aplikasi yang di pilih tersebut. Ini tetap memungkinkan aplikasi berjalan seperti biasa ketika kita membukanya.

Namun perlu di ketahui juga, beberapa aplikasi karena sistem dan cara kerjanya yang berbeda dengan aplikasi yang lain. Ketika Data latar belakang di nonaktifkan. Maka aplikasi tidak berjalan dengan benar. Jadi perlu pertimbangan aplikasi apa saja, yang bisa di nonaktifkan di latar belakang atau tidak baik jika data di latar belakang tidak di aktifkan.

Itulah yang dapat kami bagikan mengenai cara mencegah aplikasi menggunakan data di perangkat Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.