spotlight zoom

Cara Spotlight Video di Zoom Pada PC Serta Android

Diposting pada

Bagaimana cara spotlight video di Zoom ? mungkin itu salah satu pertanyaan anda ketika menemukan artikel ini. Jika memang benar, teruskanlah membacanya. Karena sebentar lagi penulis akan mengulasnya.

Zoom telah menjadi salah satu aplikasi yang kian booming di tengah kondisi yang segala sesuatunya work at home. Banyak pertemuan, rapat, webinar, dan pelatihan di adakan menggunakan aplikasi ini. Bukan tanpa alasan, karena zoom memberikan fitur yang sangat ramah, aman dan mudah untuk di gunakan. Salah satu, fitur yang cukup menarik di aktifkan ketika sedang rapat adalah spotlight video. Belum tahu bagaimana cara mengaktifkan fitur ini ? berikut penulis akan memberikan panduannya pada kesempatan ini. Baik itu kita menggunakan zoom desktop maupun aplikasi zoom di android.

Spotlight merupakan salah satu fitur yang telah zoom sematkan ke dalam aplikasinya. Tujuannya, agar pertemuan rapat, seminar, pelatihan melalui video lebih terarah dengan tampilnya seorang yang di soroti dalam satu layar.

Sama seperti pertemuan dalam rapat atau seminar offline. Tentunya selalu narasumber menjadi sorotan. Begitupun pada zoom. Ia berusaha menciptakan sebuah tampilan, agar acara lebih hidup.

Apa Itu Spotlight Video Zoom ?

Spotlight atau video sorotan adalah memungkinkan siapa yang kita atur menempati layar lebih lebar sebanyak yang kita butuhkan. Ini sangat berguna untuk narasumber atau pembicara selama seminar berlangsung.

Kita bisa mengaturnya sampai dengan 9 peserta dalam video spotlight. Dengan ketentuan harus menggunakan zoom desktop client versi 5.2.2 di Windows atau macOS

Selain itu, kita juga bisa menyoroti atau membuat spotlight untuk video kita sendiri. Tetapi ini tidak akan mempengaruhi rekaman cloud pada zoom. Ia akan tetap menampilkan spotlight utama tadi. Adapun untuk kita sebagai rekaman pribadi. Agar saat merekam kita bisa menunjukkan poin yang kita berikan untuk diri sendiri.

Namun untuk menjalankan fitur ini kita perlu menggunakan zoom desktop klient atau aplikasi seluler Zoom dan minimal setidaknya ada 3 video peserta yang aktif. Kalau untuk zoom seminar minimal ada 2 video yang berjalan.

Lalu Bagaimana Cara Spotlight Video Di Zoom ?

Ini sangat mudah, setelah seminar zoom berjalan, arahkan pada salah satu video yang ada pada bagian atas layar desktop. Dan klik menu (….), lalu pilih spotlight for everyone.

Secara otomatis, pilih video yang kita pilih akan menempati layar lebar di bawahnya. Sedangkan kalau kita hendak, menghentikan peserta dalam status spotlight. Klik Remove Spotlight pada pojok kiri atas video.

Kalau kita mau menambahkan misalnya sampai beberapa peserta spotlight. Pilih lagi, video yang ada pada bagian atas, lalu klik (….) kemudian pilih Add Spotlight

support.zoom.us

Adapun kalau kita mau menampilkan sorotan untuk video kita sendiri saat sedang berbicara. Ini juga bisa kita setting dengan cara klik menu profil lalu klik Pengaturan / Setting | tab video | centang Spotlight my video when speaking (soroti video saya saat sedang berbicara)

Spotlight Di Smartphone Android

Pilih Tab Participant pada bagian sisi bawah layar,nantinya akan muncul nama semua peserta rapat, pilih nama yang akan kita soroti videonya. Lalu nanti akan muncul pop up dengan beberapa menu, silahkan pilih Spotlight video.

Adapun kalau kita mau menghentikan spotlight video peserta yang aktif, klik tap Participant, pilih Nama peserta lalu Cancel Spotlight video

Lihat juga : Cara menghubungkan kamera HP ke laptop untuk zoom

Itulah cara spotlight video di zoom. Bagaimana sangat mudah bukan ? panduan di atas tepatnya sesuai untuk pengguna Windows dan Mac, adapun untuk pengguna Linux caranya kurang lebih sama.

Gambar Gravatar
Senang menulis dan tertarik dengan topik teknologi. Punya sedikit pengalaman buat game android sederhana namun tidak tidak tertarik bermain game.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.