cara kerja control panel hosting

Cara Kerja Control Panel Hosting: Fungsi dan Contohnya

Diposting pada

Untuk Anda yang sedang mengembangkan website dengan peruntukan yang berbeda, tentu anda sudah familiar dengan istilah control panel hosting, bukan? Bisa dikatakan jika control panel hosting adalah bagian yang penting dari sebuah website, di mana juga memiliki pengaruh pada kinerja dari website tersebut secara umum. Namun, apa yang sebenarnya dimaksud dengan control panel hosting dan bagaimana cara kerja control panel hosting dalam sebuah website tersebut?

Pertanyaan di atas bisa dikatakan sebagai pertanyaan umum yang kerap kali muncul namun penting untuk diketahui. Ya, dengan memahami control panel hosting secara detail nantinya Anda bisa mengelola website dengan lebih baik.

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa hal terkait control panel hosting yang perlu Anda ketahui. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Apa Itu Control Panel Hosting?

Sebelum membahas seluk beluk tentang control panel hosting, tentu memahami pengertian dari control panel hosting adalah hal yang penting. Nah, secara singkat, control panel hosting adalah perangkat lunak atau program yang disediakan oleh penyedia sebuah web hosting guna memudahkan pengoperasian dan pengelolaan beragam fasilitas yang ada dalam sebuah web hosting.

Penting untuk diketahui, tidak semua hosting memiliki Cpanel Gratis, jadi kamu harus waspada dan awas ya, biasanya provider hosting memberi biaya tambahan untuk biaya sewa Cpanel. Nah ada satu provider hosting yang menggratiskan biaya Cpanel, dan hosting Indonesia ini sudah berdiri sejak tahun 2009, jadi sudah mumpuni. Provider hosting tersebut adalah DomaiNesia

Dengan menggunakan control panel hosting, maka pemilik website dan juga penyedia web hosting nantinya bisa mengatur beragam aktivitas yang berkaitan dengan website. Misalnya saja, pengaturan domain ataupun pengaturan terkait spesifikasi dari web hosting itu sendiri.

Cara Kerja Control Panel Hosting

Salah satu hal yang sering menjadi pertanyaan dari pemilik website adalah bagaimana cara kerja control panel hosting tersebut? Nah, sebenarnya, jika dilihat secara saksama, cara kerja dari control panel hosting bisa dikatakan tidak terlalu rumit. Sesuai dengan namanya, control panel hosting akan menghadirkan antarmuka web hosting pada tampilan yang jauh lebih sederhana.

Tampilan yang sederhana ini tentu akan memudahkan pengguna untuk melakukan aneka pengaturan terkait website yang dikelola sebagaimana disinggung sebelumnya. Selain itu, pengguna nantinya tidak perlu ribet untuk mengatur kode-kode yang rumit.

Fungsi Control Panel Hosting

Dalam penjelasan yang sederhana, telah disampaikan sebelumnya bahwa control panel hosting memiliki fungsi untuk memudahkan penyedia web hosting dan pengguna untuk mengelola fasilitas yang tersedia. Nah, jika dirinci, ada beberapa fungsi penting dari control panel hosting yang perlu untuk diketahui.

Beberapa fungsi yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1) Registrasi, pengaturan dan transfer nama domain

Salah satu fungsi penting dari control panel hosting adalah untuk registrasi, pengaturan serta transfer nama domain. Dengan menggunakan control panel hosting ini, maka pengguna bisa melakukan pemindahan domain ataupun hosting dengan lebih cepat dan lebih simple.

Umumnya, transfer domain dilakukan karena pelayanan yang kurang memuaskan dari penyedia lama. Juga, umumnya, hal ini dilakukan karena perpindahan pemilik sebuah website.

2) Instalasi aplikasi

Fungsi lain dari control panel hosting adalah untuk instalasi aplikasi. Dengan menggunakan control panel hosting, maka pemasangan atau instalasi aplikasi, program dan fitur lain dalam Windows ataupun sekadar menambah gadget yang diperlukan bisa dilakukan dengan lebih mudah.

3) Pengelolaan email

Pengelolaan email juga bisa dilakukan dengan control panel hosting. Dengan menggunakan control panel hosting, maka pengguna bisa melakukan penambahan akun untuk email hosting, mengatur konfigurasi email dari klien, dan lainnya.

Nah, beberapa poin di atas adalah fungsi penting dari control panel hosting yang harus diketahui. Sebagai tambahan, control panel hosting juga bisa diandalkan untuk melakukan pengecekan terkait statistik pengunjung pada website yang dikelola.

Ragam Contoh Control Panel

Dalam penggunaannya, ada beberapa contoh control panel hosting yang umum digunakan. Ketersediaan beberapa jenis control panel tersebut tentu saja akan memberikan keleluasaan bagi Anda untuk memilih mana opsi terbaik sesuai keinginan mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Adapun contoh dari control panel hosting adalah sebagai berikut:

1) cPanel

cPanel merupakan sebuah control panel dengan basis Linux. Antarmuka dari control panel ini begitu sederhana, di mana nantinya akan membantu Anda untuk melakukan pengelolaan website dengan lebih cepat dan lebih mudah. Hingga saat ini, cPanel masih dijadikan salah satu jenis control panel yang paling populer.

2) Plesk

Bisa dikatakan jika Plesk adalah jenis control panel yang mirip dengan cPanel. Dengan
menggunakan Plesk, nantinya Anda bisa melakukan beberapa jenis tugas yang berbeda
secara otomatis. Tidak hanya itu, Plesk juga memungkinkan Anda untuk menginstal
WordPress.

3) ISPConfig

Contoh lain dari control panel yang banyak digunakan adalah ISPConfig. Jenis control panel ini sangat menarik karena memiliki open resource multi bahasa. Dengan fitur tersebut, maka Anda bisa melakukan pengelolaan pada beberapa server dengan hanya satu control panel saja.

Nah, demikian beberapa ulasan terkait cara kerja control panel hosting berikut fungsi dan juga jenis control panel yang tersedia. Anda bisa menentukan mana control panel terbaik yang cocok digunakan demi pengelolaan website yang lebih baik.

Gambar Gravatar
Senang menulis dan tertarik dengan topik teknologi. Punya sedikit pengalaman buat game android sederhana namun tidak tidak tertarik bermain game.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.