transfer kontak android ke iphone

Cara Transfer Kontak Android / Iphone Ke Android & Iphone Yang Lain

Diposting pada

Gonta ganti smartphone, tentu bukan hal yang asing lagi bagi pengguna. Hampir selalu muncul, versi terbaru dengan spesifikasi dan fitur yang lebih menarik bagi smartphone. Keunggulan dan fitur terbaru ini. Menjadikan banyak pemakai selalu memperbaharui dan memilih smartphone model terbaru. Jika hal ini sering kita lakukan untuk mengikuti update terbaru perkembangan smartphone. Maka hal yang tidak kalah penting atau dapat di katakan wajib di lakukan adalah melakukan transfer kontak. Atau memindahkan kontak yang ada pada ponsel lama ke ponsel yang baru.

Transfer kontak yang akan di jelaskan di sini adalah meliputi transfer kontak sesama android, transfer kontak dari android ke iphone, dari iphone ke android ataupun sesama iphone itu sendiri.

Bagaiaman cara melakukanya semua itu, ? jangan khawatir dengan artikel ini anda tidak akan kehilangan kontak yang telah tersimpan pada hp yang sebelumnya. Atau anda tidak perlu menginputkan secara manual satu demi satu nomor kontak. Karena ini akan menjadi pekerjaan yang menyita banyak waktu, dan biasanya akan melelahkan, terlebih dengan jumlah kontak ratusan bahkan ribuan.

Anda bisa memlih salah satu panduan yang ada di artikel ini sesuai dengan problem yang di alami. Misalnya, sebelumnya anda menggunakan android, dan kini memiliki iphone dan ingin memindahkan kontaknya. Maka silahkan pilih yang menjelaskan hal itu.

Perlu di ketahui, bahwa cara memindahkan kontak ini dapat di lakukan dengan 2 cara, yakni dengan menyimpannya terlebih dahulu pada google cloud. Serta menyimpannya pada kartu SIM itu sendiri. Adapun cara mempraktikkanya sebagai berikut !

Cara Transfer Kontak Melalui Google Cloud

cara transfer kontak android ke iphone

Hampir setiap, pengguna yang memiliki atau menggunakan akun google untuk login pada ponsel android atau iphone. Secara otomatis akan memiliki layanan google cloud. Dan biasanya ini akan aktif secara otomatis. Jika anda tidak pernah mengaktifkan fitur ini, kalian bisa memeriksanya dengan membuka menu Setting / Pengaturan.

Setelah itu, pilih menu Account dan Sinkronisasi (sesuai tipe ponsel). Lalu pilih Google. Kemudian lihat apakah menu kontak sudah pada posisi aktif atau belum ? jika sudah berarti kontak kita sudah tersimpan pada google cloud. Tapi jika ternyata belum aktif. Kalian bisa menggeser tab untuk mengaktifkannya. Dalam beberapa saat, semua nomor dan detail kontak akan tercadangkan pada google cloud.

Lalu bagaimana memulihkan kontak pada ponsel baru. Baik itu di android maupun pada Iphone ? ini bukan hal yang sulit, karena ketika kita pertama kali menggunakan ponsel yang baru. Langsung kita di anjurkan untuk login menggunakan akun email. Atau akun google. Jika tidak, berarti kita dapat langsung menginputkannya secara manual akun google itu.

Buka Pengaturan | Akun | Tambah Akun | kemudian pilih Google. Silahkan masukkan kredensial akun google tersebut.

Hal ini berlaku, baik pada android maupun pada Iphone. Jika sudah login pada ponsel yang baru, secara otomatis akan memindahkan nomor kontak dari data yang lama ke yang baru di gunakan ini.

Pindahkan Kontak Dengan Menyalinnya Di Kartu SIM

memindahkan kontak ke kartu sim

Selain dari cara yang di sebutkan di atas, ini adalah cara yang juga dapat di gunakan untuk memindahkan atau mentransfer kontak ke ponsel yang baru.

Setidaknya cara ini sangat berguna, ketika ponsel lama yang kita gunakan merupakan ponsel jadul atau bukan smartphone / android.

Jika ponsel lama bukan android, maupun Iphone. Alias masih menggunakan HP tempo dulu, tentunya HP tersebut tidak memerlukan akun google untuk mengoperasikannya. Alias hp atau ponsel itu, tidak memiliki google Cloud. Jadi kita tidak dapat mencadangkan data. Dalam hal ini nomor kontak.

Jadi cara yang dapat kita tempuh, adalah dengan menyalin kontak pada kartu SIM. Dengan begini semua kontak teman, keluarga, serta nomor penting tidak perlu kita inputkan secara manual pada ponsel yang baru.

Kita dapat menggunakan fitur export-import.

Silahkan buka menu kontak, sampai memunculkan semua list nomor yang ada. Kemudian pilih menu pengaturan pada list tersebut, sampai muncul menu Export to sim card atau salin kontak ke kartu SIM.

Melakukan hal itu, berarti kita memindahkan semua list kontak yang tersimpan akan tersave pada sim card. Nah, ketika kita memasukkan kartu tersebut pada ponsel smartphone yang baru. Secara otomatis list kontak akan terbaca di sana.

Tetapi, adapun jika kita tidak menginginkan kartu sim itu pada ponsel android yang baru. Atau kita ingin agar iphone yang baru tersebut, menggunakan kartu sim yang baru juga, maka kita bisa mengimport list kontak yang tadi telah tersimpan pada kartu sim yang lama dengan menggunakan menu Import Kontak Sim.

Cara melakukannya, pilih menu Pengaturan |  Impor / Ekspor> Impor dari kartu SIM.

Atau kalau kita menggunakan Iphone, caranya kurang lebih sama. Buka Pengaturan> Kontak, lalu Impor kontak SIM.

Setelah itu, kita dapat mencabut SIM lama dan memasukkan SIM yang baru.

Lihat juga : Cara backup chat line Android ke Iphone

Kesimpulan

Demikianlah cara melakukan transfer kontak dari satu ponsel ke ponsel yang lainnya. 2 cara ini dapat di terapkan baik itu dari android ke android, android ke iphone, iphone ke android maupun iphone ke iphone. Semoga dapat di pahami !

Gambar Gravatar
Senang menulis dan tertarik dengan topik teknologi. Punya sedikit pengalaman buat game android sederhana namun tidak tidak tertarik bermain game.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.